Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 6 Desember 2017 , oleh angga , pada kategori Berita

Dalam upaya meningkatkan kualiitas FKUB di kancah internasional, PS Sarjana Kedokteran  mengajukan assesment tingkat internasional. melalui AUN QA atau ASEAN University Network-Quality Assurance. AUNQA merupakan sebuah program penjaminan mutu yang dilakukan oleh  ASEAN University Network (AUN). AUN QA sendiri merupakan sebuah assesment yang dilakukan secara mandiri (self assesment) dengan melakukan pembuatan dokumen SAR (Self Assesment Report). Penulisan SAR ini merupakan proses penjaminan mutu internal sebuah program studi atau institusi yang selanjutnya diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action for Improvement terhadap hasil SAR.

Oleh karena itu, pada tanggal 5 Desember 2017 lalu, PS Kedokteran Jurusan Kedokteran FKUB telah melakukan simulasi visitasi eksternal terhadap dokumen SAR dengan mengundang Prof. Satria Bijaksana, M.Sc., Ph.D.  sebagai reviewer dari Institut Teknologi Bandung. Simulasi eksternal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dari seluruh stakeholder yang terpilih menjadi interviewee terkait AUN QA, terutama mengenai struktur kurikulum dan Program Learning Outcome yang sedang berjalan di jurusan kedokteran. Temuan dan arahan dari reviewer kali ini diharapkan dapat segera dilakukan perbaikan dan tanggapan sehingga saat visitasi AUN QA pada Januari 2018 mendatang jurusan kedokteran FKUB telah siap sepenuhnya.

Banyak sekali masukan dari reviewer terkait sistem pendidikan di FKUB, antara lain keberadaan PS lain seperti PS Ilmu Keperawatan, PS Ilmu Gizi dan PS Farmasi yang seharusnya menjadi benefit tersendiri bagi mahasiswa PSKed. Demikian pula beradaan PS Magister Ilmu Biomedik, MMRS dan PS Doktor Ilmu kedokteran diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan FKUB. Masukan tersebut diharapkan dapat membawa PSPD mendapat sertifikasi AUN QA pada Januari 2018 mendatang (Happy/ AGI).

simulasi AUNQA