Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 1 Januari 2018 , oleh angga

TUGAS DAN FUNGSI PERSONALIA PADA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

KETUA PROGRAM  STUDI

Ketua Program Studi mempunyai tugas:

  1. Menyusun program kerja sebagai pedoman kerja dengan prinsip efisiensi,akuntabilitas, dan transparansi;
  2. Memimpin dan melaksanakan fungsi manajerial PS untuk pengendalian pelaksanaan proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;
  3. Melakukan koordinasi dengan Ketua Jurusan dalam hal penyusunan kebijakan mutu dan sasaran mutu;
  4. Mengelola pelaksanaan pendidikan program studi untuk pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pimpinan fakultas dengan bekerja sama dengan pihak terkait(Asosiasi/Kolegium).

Ketua Program Studi mengemban fungsi terealisasinya:

  1. Koordinasi  semua stakeholder untuk mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum yang dibuat Kolegium/Asosiasi;
  2. Koordinasi dengan ketua jurusan dan sekretaris jurusan serta kepala Departemen/Laboratorium dalam melakukan penjaminan mutu akademik;
  3. Program kerja untuk pengembangan mutu pendidikan;
  4. Program unggulan yang memperkuat eksistensi program studi berdasar rencana pengembangan fakultas;
  5. Koordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Kepala Departemen/Laboratorium  dalam menyusun rencana dan pertanggungjawaban penerimaan mahasiswa;
  6. Penyusunan rencana dan koordinasi kegiatan pelaksanaan praktikum/stase lapangan mahasiswa;
  7. Koordinasi penyusunan konsep Rencana Pembelajaran Semester (RPS)berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  8. Pembuatan pembagian tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;
  9. Penyusunan instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan dan implementasinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  10. Monitoring dan  pencapaian kompetensi dan menentukan keberhasilan studi mahasiswa, serta melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa;
  11. Studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan;
  12. Masukan tentang kinerja para dosen dan karyawan administrasi kepada ketua jurusan;
  13. Pemberian dan atau pengusulan sanksi untuk mahasiswa kepada Ketua Jurusan sesuai aturan yang berlaku;
  14. Pertanggungjawaban dan kerjasama dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam persiapan Akreditasi Program Studi;
  15. Penyusunan laporan kinerja program studi  baik melalui PDPT, dan atau borang akreditasi;
  16. Pengusulan perencanaan dan pengembangan SDM;
  17. Pengelolaan surat-surat yang berkaitan dengan mahasiswa (ijin cuti, ijin, perpanjangan studi dan kegiatan-kegiatan mahasiswa).

TIM KURIKULUM

Tugas Pokok :

  1. Melaksanakan perencanaan, pengkajian, dan pengembangan kurikulum di tingkat Program Studi
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi internal terhadap kurikulum, proses belajar mengajar, keterampilan instruksional dosen, dan infrastruktur Akademik di tingkat Progran Studi.

Fungsi:

Tim kurikulum berfungsi sebagai unit penunjang PS dan bertanggungjawab kepada dekan melalui Ketua Program Studi dan Ketua Jurusan

TIM MONITORING DAN EVALUASI

Tugas Pokok :

  1. Melaksanakan penjaminan dan pengembangan mutu akademik tingkat PS
  2. Melaksanakan dan mengoordinasikan tenaga kependidikan dalam pengadministrasian data dukung kegiatan akademik
  3. Menyiapkan akreditasi Program Studi
  4. Menyusun instrumen, melaksanakan,  monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu pendidikan
  5. Membuat tracer study/ studi pelacakan terhadap mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan
  6. Menyusun laporan kinerja Program Studi secara berkala, untuk dilaporkan ke Ketua Jurusan

TIM TUGAS AKHIR

Tugas Pokok :

  1. Menyelenggarakan  kegiatan pendaftaran tugas akhir tingkat sarjana
  2. Melayani  pembuatan surat ijin penelitian mahasiswa tingkat sarjana
  3. Menyelenggarakan  kegiatan seminar ujian proposal tingkat sarjana;
  4. Menyelenggarakan  kegiatan seminar ujian tugas akhir tingkat sarjana;
  5. Memfasilitasi  akses dosen ke mahasiswa (sebaliknya)
  6. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir.

TIM KEPENASIHATAN AKADEMIK

Tugas Pokok :

   Melaksanakan dan mengkoordinasikan perancangan, implementasi, dan monitoring evaluasi dalam proses    kepenasehatan akademik.

 TIM PENGEMBANGAN

a. PENGEMBANGAN SISTEM ASESMEN

    Tugas Pokok :

     Melaksanakan kegiatan pengembangan sistem asesmen

b. PENGEMBANGAN ANALISA DAN REVIEW SOAL

      Tugas Pokok :

       Melaksanakan kegiatan pengembangan analisa  dan review soal

c. PENGEMBANGAN ITEM BANK ADMINISTRATOR (IBA)

    Tugas Pokok :

    Melaksanakan kegiatan pengembangan Item Bank Administrator (IBA)

d. PENGEMBANGAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)

Tugas Pokok :

  1. Melaksanakan kegiatan pengembangan Problem Base Learning (PBL)
  2. Menyusun dan mengkaji kesesuaian skenario PBL
  3. Standarisasi performa tutor
  4. Evaluasi performa tutor

e. PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KLINIK             

Tugas Pokok :

            Melaksanakan kegiatan pengembangan dan pelaksanaanketrampilan klinis pada setiap MKK

 

KOORDINATOR KEILMUAN

Tugas Pokok :

  1. Mengkoordinasikan perancangan, implementasi pembelajaran, asesmen, dan pengembangan mata kuliah kompetensi (MKK) kepada Koordinator Pendidikan di Departemen Preklinik dan Klinik yang berintegrasi dalam pembelajaran MKK.
  2. Mengkoordinasi perancangan, implementasi pembelajaran, asesmen, dan pengembangan keterampilan klinik dengan Koordinator Ketrampilan klinis/Skill.

PERSONALIA di PS. Sarjana Kedokteran

UNIT MONITORING DAN EVALUASI
Ketua dr. NIA KURNIANINGSIH, MBiomed
Anggota dr. ELLY MAYANGSARI, MBiomed
dr. DEARIKHA KARINA M, MBiomed.

dr. IHDA DIAN KUSUMA E, M.Biomed

UNIT KURIKULUM
Ketua dr. NURRAHMA WAHYU FITRIANI, MMedEd
Anggota Dr.dr.SETYAWATI SOEHARTO, MKes
UNIT TUGAS AKHIR
Ketua dr. ELLY MAYANGSARI, MBiomed
Anggota dr. YHUSI KARINA RISKAWATI, M.Sc
UNIT KEPENASIHATAN AKADEMIK
Ketua dr. DEWI ERIKAWATI, MSi
Anggota dr. KHUZNITA DASA NOVITA, Sp.THT-KL.
UNIT PENGEMBANGAN SISTEM ASESMEN
Ketua dr. YUANITA MULYASTUTI, M.Si
Anggota dr. NIA KURNIANINGSIH, M.Biomed

dr. DEWI ERIKAWATI, M.Si

dr. BAYU LESTARI, M.Biomed

UNIT PENGEMBANGAN ANALISA DAN REVIEW SOAL
Ketua dr. DIAN SUKMA HANGGARA, SpPK
Anggota dr. SIWIPENI IRMAWANTI RAHAYU , M.Biomed.

dr. DEWI MUSTIKA, M.Biomed.

dr. RIVO YUDHINATA BRIAN NUGRAHA , M.Biomed

UNIT PENGEMBANGAN ITEM BANK ADMINISTRATOR (IBA)
Ketua dr. DICKY FAIZAL IRNANDI, SpAnd
Anggota dr. DEWI INDIASTARI, SpPD

dr. DEARISA SURYA YUDHANTARA, SpKJ

WIKE ASTRID CAHAYANI, S.Ked., M.Biomed

UNIT PENGEMBANGAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL)
Ketua dr. NURRAHMA WAHYU FITRIYANI, M.MedEd
Anggota dr. IHDA DIAN KUSUMA, MBiomed

dr. DWIRETNO PANGASTUTI

dr. DEARISA SURYA YUDHANTARA, SpKJ

dr. YHUSI KARINA RISKAWATI, M.Sc

dr. DEWI MUSTIKA, M.Biomed

dr. KHUZNITA DASA NOVITA, Sp.THT-KL.

UNIT PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KLINIK
Ketua dr. BAYU LESTARI, M.Biomed
Anggota dr. RATIH PARAMITHA SUPRAPTO, M.Biomed

UNIT KEILMUAN

Semester I
1. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 1 : dr. DICKY FAIZAL IRNANDI, SpAnd.
2. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 2-A : dr.. INDRIATI DWI RAHAYU, M.Kes
3. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 2-B : dr. YHUSI KARINA RISKAWATI,  MSc
4. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 3  (Life cycle 1) : dr. ARIANI, M.Kes, Sp.A (K)
5. Koordinator Keilmuan Dasar Komunikasi dan History Taking : dr. ARIEF ALAMSYAH, MARS
6. Koordinator Keilmuan Doctoring 1 : dr. NURRAHMA WAHYU FITRIYANI, M.MedEd
7. Koordinator Keilmuan Metodologi 1 : Dr. Dra. SRI WINARSIH, Apt, M.Si
8. Koordinator Keilmuan Bahasa Inggris : BELEVEN KHRISMAWAN, SPd, MPd
9. Koordinator Keilmuan Bioetik & Hukum Kedokteran : dr. ERIKO PRAWESTININGTYAS, Sp.F
10. Koordinator Keilmuan Agama : ARIF MUSTAPA, M.Si
Semester II
11. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 4 A : dr. SIWIPENI IRMAWANTI RAHAYU , M.Biomed.
12. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 4-B : dr. RIVO YUDHINATA BRIAN NUGRAHA , M.Biomed
13. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 4-C : dr. CESARIUS SINGGIH WAHONO, Sp.PD-KR
14. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 5 : dr. IHDA DIAN KUSUMA, MBiomed
15. Koordinator Keilmuan Basic Medical Science 6 : dr. BAYU LESTARI, M.Biomed.
16. Koordinator Keilmuan Basic Clinical Examination : dr. PRASETYA ISMAIL PERMADI,  Sp.A, M.Biomed
17. Koordinator Keilmuan Clinical Test & Procedure : dr. INDRASTUTI NORMAHAYU, SpRad.(K)
18. Koordinator Keilmuan Pancasila & Kewarganegaraan : EMI SEYANINGSIH, M.Phil
19. Koordinator Keilmuan Bahasa Indonesia : TRISNA ANDARWULAN, SS,M.Pd
Semester III
20. Koordinator Keilmuan Sistem Muskuloskeletal 1 : dr. PANJI SANANTA, M.Ked,  Sp.OT
21. Koordinator Keilmuan Sistem Muskuloskeletal 2 : dr. PANJI SANANTA, M.Ked,  Sp.OT
22. Koordinator Keilmuan Sistem Integumen 1 : dr. HERWINDA BRAHMANTI, M.Sc, SpKK
23. Koordinator Keilmuan Sistem Integumen 2 : dr. SINTA MURLISTYARINI , Sp.KK.
24. Koordinator Keilmuan Patient Safety 1 : dr. TAUFIQ ABDULLAH, SpEM
25. Koordinator Keilmuan Doctoring 2 : dr. RATIH PARAMITHA SUPRAPTO, MBiomed
26. Koordinator Keilmuan Entrepreneurship : WIKE ASTRID CAHAYANI, S.Ked., M.Biomed
27. Koordinator Keilmuan IKM-KP 1 : dr. HARUN AL RASYID, MPH
28. Koordinator Keilmuan IKM-KP 2 : dr. HARUN AL RASYID, MPH
Semester IV
29. Koordinator Keilmuan Sistem Hematologi 1 : dr. A. SUSANTO NUGROHO, Sp.A(K)
30. Koordinator Keilmuan Sistem Hematologi 2 : dr. SONY WICAKSONO, Sp.A., M.Kes
31. Koordinator Keilmuan Sistem Endokrin : dr. LAKSMI SASIARINI, Sp.PD, KEMD
32. Koordinator Keilmuan PenyakitTropis&Infeksi : dr. DEWI INDIASTARI, SpPD
33. Koordinator Keilmuan Life cycle -2 : dr. ARIANI, M.Kes, Sp.A (K)
34. Koordinator Keilmuan Doctoring 3 : dr. NURRAHMA WAHYU FITRIYANI, M.Med.Ed
35. Koordinator Keilmuan Patient safety 2 : dr. ERIKO PRAWESTININGTYAS, Sp.F
36. Koordinator Keilmuan Elektif 1 : dr. RODHIYAN RAKHMATIAR, Sp.S.
37. Koordinator Keilmuan Pre Hospital Care& Disaster Medicine : dr. ALI HAEDAR, Sp. EM
38. Koordinator Keilmuan Metodologi 2 : Dr. LILIK ZUHRIYAH, SKM.,M.Kes.
Semester V
39. Koordinator Keilmuan Sistem IndraMata : dr. HERA DWI NOVITA, Sp.M
40. Koordinator Keilmuan Psikiatri : dr. DEARISA SURYA, SpKJ
41. Koordinator Keilmuan Sistem Indra THT : dr. AHMAD DIAN WAHYUDIONO, Sp.THT-KL
42. Koordinator Keilmuan Sistem Saraf 1 : dr. DESSIKA RAHMAWATI, SpS
43. Koordinator Keilmuan Sistem Saraf 2 : dr. RODHIYAN RAKHMATIAR, Sp.S.
44. Koordinator Keilmuan Doctoring 4 : dr. KHUZNITA DASA NOVITA, SpTHT-KL
45. Koordinator Keilmuan Elektif 2 : dr. DEWI INDIASTARI, SpPD
46. Koordinator Keilmuan Metodologi 3 : Dr. Dra. SRI WINARSIH, Apt, M.Si
Semester VI
47. Koordinator Keilmuan Kardiovaskuler 1 : dr. CHOLID TRI TJAHJONO, M.Kes, Sp.JP
48. Koordinator Keilmuan Kardiovaskuler2 : dr. CHOLID TRI TJAHJONO, M.Kes, Sp.JP
49. Koordinator Keilmuan Respirasi 1 : dr. TRIWAHJU ASTUTI,M.Kes., Sp.P(K)
50. Koordinator Keilmuan  Respirasi 2 : dr. TRIWAHJU ASTUTI,M.Kes., Sp.P(K)
51. Koordinator Keilmuan Patient Safety-3 : dr. RUDDI HARTONO, Sp.An.
52. Koordinator Keilmuan Doctoring 5 : dr. UNGKY AGUS SETYAWAN, Sp.P.
53. Koordinator Keilmuan IKM-KP3 : dr. ALIDHA NUR RAKHMANI, M.Sc.
54. Koordinator Keilmuan Anestesi : dr. BUYUNG HARTIYO LAKSONO, Sp.An.KNA
Semester VII
55. Koordinator Keilmuan Gastrointestinal 1 : dr. BOGI PRATOMO WIBOWO, Sp.PD-KGEH
56. Koordinator Keilmuan Gastrointestinal 2 : dr. SATRIO WIBOWO, M.Si.Med.,Sp.A (K)
57. Koordinator Keilmuan  Forensik : dr. ETTY KURNIA, Sp.F
58. Koordinator Keilmuan Ginjal dan Saluran Kemih : dr. BESUT DARYANTO, Sp.B, Sp.U
59. Koordinator Keilmuan Sistem Reproduksi 1 : dr. NURUL HIDAYATI , M.Sc.
60. Koordinator Keilmuan Sistem Reproduksi 2 : dr. SUHENI NINIK HARIYATI, Sp.OG
61. Koordinator Keilmuan Doctoring 6 : dr. ARDANI GALIH PRAKOSA, M.Biomed
62. Koordinator Keilmuan PKNM : Dr. LILIK ZUHRIYAH, SKM.,M.Kes.
63. Koordinator Keilmuan Approach to Paediatrics : dr. SAPTADI YULIARTO, SpA, M.Kes