Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

INFORMASI DANA PENELITIAN

Kegiatan penelitian Hibah Kompetitif DPP/SPP-FKUB sebagai tanggapan atas pencanangan pohon unggulan penelitian di FK-UB yang memerlukan penelitian intensif untuk memfasilitasi pengembangan penelitian di FK-UB. Hibah Kompetitif DPP/SPP-FKUB ini memiliki penekanan dalam dua hal, yaitu (1) tema sesuai dengan pohon penelitian FKUB yang ditentukan, (2) penelitian lebih berorientasi pada penelitian awal untuk mendapatkan dana penelitian yang lebih besar di tingkat nasional/internasional sehingga dapat meningkatkan income generating fakultas.

Tema penelitian yang dinyatakan sebagai unggulan dan pohon penelitian FKUB adalah:

  • Stem Cell
  • Penyakit Autoimmun
  • Penyakit Infeksi
  • Tehnologi kedokteran
  • Herbal Medicine
  • Penyakit Degeneratif dan penyakit Metabolik
  • Tumbuh kembang

Penelitian dana DPP/SPP FK UB dapat dilakukan dengan lama penelitian 1 tahun per judul dan dana minimum sebesar Rp 25.000.000,00 dan maksimum Rp. 50.000.000,00. Peneliti yang mengajukan ialah staf Dosen FKUB dan wajib melbatkan mahasiswa (sesuai dengan ketentuan). Hanya tim peneliti yang dapat memenuhi luaran yang ditargetkan yang dapat mengajukan usul penelitian tahun berikutnya. Untuk pendaftaran penerimaan proposal penelitian tahun anggaran selanjutnya akan dibuka setelah dana pada tahun sebelumnya cair, pada bulan November. Format dan persyaratan dapat diunduh di Buku Pedoman Pengajuan Proposal DPP/SPP atau menghubungi langsung Sekretariat UPP (Gedung Lab. Biomedik lt.1, ext. 128-84) , CP : Isty (085646623342/081232848208).

Informasi Dana Program Pengmas DPP/SPP

Sesuai dengan tujuan program pengabdian kepada masyarakat yaitu Meningkatkan mutu pengabdian kepada Masyarakat dengan cara menjadikan FKUB sebagai pelopor pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, dan memanfaatkan hasil pengabdian kepada masyarakat bagi pengembangan   pendidikan, penelitian, dan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi stakeholdernya. Tim UPPM memberikan wadah untuk program pengmas yang diadakan setiap tahun bagi Staf Dosen FK UB. Program berjangka pendek maksimal Rp. 5.000.000 dan untuk berjangka panjang dana yang disediakan maksimal Rp. 20.000.000. Program pengabdian kepada masyarakat mengacu pada Pohon Pengabdian Masyarakat FKUB sebagai berikut :

  1. Usaha Kesehatan Sekolah
  2. Pencapaian MDG’s  melalui Daerah Binaan
  3. Disaster and Emergency Management
  4. Penyakit Degeneratif
  5. Herbal Medicine
  6. Teknologi Kesehatan

Untuk ketentuan dan persyaratan pengajuan proposal pengabdian masyarakat dapat diunduh di Buku Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat atau menghubungi langsung di Sekretariat UPPM (Gedung Lab. Biomedik lt.1, ext.128-84)