Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 September 2017 , oleh admin pend. dokter , pada kategori Berita

Perguruan Tinggi merupakan wadah untuk mencetak sumber daya manusia unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Universitas Brawijaya selain mengajarkan keilmuan dan kompetensi dasar, enterpreneurship juga merupakan kompetensi unggulan yang diajarkan kepada mahasiswa. Enterpreneurship / kewirausahaan dapat memberikan nilai tambah pada segala sisi, yaitu membentuk karakter enterprenuer bagi pelaku dan memberikan manfaat bagi komunitas dari segi ekonomi maupun sosial. Oleh sebab itu, enterpreneurship merupakan salah satu dari kurikulum unggulan Pendidikan Kedokteran di Universitas Brawijaya.

Untuk melaksanakan kurikulum kewirausahaan, tim MKK kewirausahaan Pendidikan Kedokteran yang diketuai oleh Wike Astrid Cahyani, SKed, MBiomed menyelenggarakan Miniloka dan Training of Trainer (TOT) bagi Fasilitator Small Group Discussion (SGD) pada tanggal 31 Agustus 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dalam rangka menyempurnakan kurikulum MKK enterprenuership di  Semester 3 Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sekaligus sebagai wadah training fasilitator pada Small Group Discussion MKK enterprenuership. Kegiatan ini menghadirkan  pemateri Muhammad K Mawardi, PhD dari Fakultas Ilmu Administrasi yang memberikan “Overview perkuliahan enterpreneurship”, Imam Cholissodin, SSi, MKom dari Fakultas Ilmu Komputer memberikan materi tentang “penggunaan teknologi dalam enterprenuership”, dan dr Eriko Prawestiningtyas, SpF memberikan materi tentang etika dokter sebagai enterprenuer”.

MKK enterprenuership sudah diselenggarakan sejak tahun 2011 oleh (Alm) Prof. Ir Lilik Setyobudi, MSc, PhD sebagai ketua MKK enterprenuership dan diselenggarakan hingga tahun 2016 dilaksanakan pada semester 7.Pada tahun 2017, MKK enterprenuership diamanahkan kepada Wike Astrid Cahyani, SKed, MBiomed sebagai ketua dan dilaksanakan pada semester 3. Hasil dari miniloka dan TOT MKK Enterpreneurship adalah kesepakatan metode pembelajaran MKK Enterpreneurship meliputi perkuliahan, small group discussion, Guest Lecture, Field Trip, dan Poster Gallery Expo Ide Enterpreneurship. Proses belajar mengajar diajarkan selama 1 semester dengan tujuan akhir mahasiswa mampu mengembangkan jiwa entrepreneur yang diwujudkan dalam ide kewirausahaan yang berlandaskan azas manfaat pada masyarakat dan etika profesi kedokteran.