Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 12 Oktober 2016 , oleh admin pend. dokter , pada kategori Berita

Dalam rangka mencetak dokter yang mampu melayani masyarakat sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), maka Program Studi Kedokteran (PSKed) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menyelenggarakan Lokakarya Asesmen Program Studi Kedokteran pada Selasa (11/10/16).

Ketua Pelaksana dr. Agustin Iskandar, MKes, SpPK dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 41 dosen yang terbagi dalam semester 1, 3, 5 dan 7. Pada dasarnya Program Studi Kedokteran FKUB sejak tahun 2007 telah melaksanakan pendidikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang disusun berdasarkan pendekatan “outcome” menggunakan pengorganisasian area dan komponen kompetensi dari SKDI dalam rancangan, implementasi serta asesmen dan evaluasi mahasiswa Prodi Kedokteran FKUB, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Dekan FKUB Dr. dr. Sri Andarini, MKes dalam sambutannya juga menyatakan, asesmen sangat diperlukan untuk menjamin setiap lulusan PS Kedokteran FKUB agar sesuai dengan tujuan belajar dan kompetensi mahasiswa serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).  Oleh karena itu, diperlukan asessmen yang benar-benar valid, reliable, objective dan feasible bagi PS Kedokteran FKUB dalam konteks mengukur dan menilai pencapaian tingkat kompetensi tertentu. (An4nk-HumasFKUB)