Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 9 November 2014 , oleh admin pend. dokter

Tracer study untuk stakeholder alumni Jurusan Pendidikan Dokter   FKUB merupakan salah satu studi empiris yang diharapkan menyediakan

informasi untuk mengevaluasi hasil pendidikan di Jurusan Pendidikan Dokter   Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Informasi ini digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dalam menjamin kualitas pendidikan.  Dengan kegiatan tracer study ini diharapkan fakultas mendapatkan informasi indikasi kekurangan pelaksanaan program studi dan menyediakan dasar-dasar pelaksanaan perencanaan dimasa depan. Demikian pula infromasi terhadap pengetahuan dan keahlian yang relevan. Para alumni diharapkan juga dapat memberikan penilaian kondisi dan ketentuan belajar yang mereka alami masa belajar dikaitkan dengan dunia kerja yang mereka hadapi.

Bagi para pengguna, hasil kajian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menjadi salah satu pertimbangan apakah mereka akan menggunakan alumni UB di rumah-rumah sakit atau di instansinya. Bagi pengelola (Jurusan Pendidikan Dokter FKUB), diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan strategi dan orientasi pendidikan, melakukan perbaikan konsep maupun teknis penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sehingga lulusan semakin menjadi lebih baik dalam kapasitas intelektualitasnya, keterampilan maupun akhlak dan kepribadiannya.  Hasil tracer study untuk stakeholder alumni FKUB  ini juga diharapkan dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kualitas proses pembelajaran dan evalausi pembelajaran serta pengembangan manajemen pendidikan. Dengan perbaikan yang terus menerus terhadap aspek-aspek tersebut maka diharapkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawaijaya dilakukan dengan secara efisien, efektif, dan produktif dan pada saatnya mempertinggi daya saing alumni Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya khususnya Jurusan Pendidikan Dokter .

Kegiatan Tracer Study di UB telah dilakukan secara kontinyu. Sistem informasi berbasis web di www.fk.ub.ac.id/ruangakademik telah pula dikembangkan sehingga responden (alumni) dapat melakukan kontribusi dan pemikirannya melalui website tersebut. Kegiatan Tracer Study yang telah dilaksanakan sampai saat ini adalah yang berbasis alumni dan stakeholder. Dalam rangka memperluas masukan stakeholder dalam kerangka tracer study, maka kagiatan tracer study untuk stakeholder ini mempunyai peran yang signifikan bagi para alumni, yaitu perusahaan/lembaga dimana alumni mengabdikan keahliannya. Tracer Study yang dilakukan ini difokuskan pada persepsi lembaga terhadap kinerja alumni FKUB.

Hasil selengkapnya dapat didownload : laporan tracer study stakeholder kedokteran