Kedokteran & Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 11 Agustus 2017 , oleh admin pend. dokter , pada kategori Berita

Sejak tahun 2007, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (PSPD FKUB) menjalankan Kurikulum Berbasis Kompetensi, sebagaimana diamanatkan oleh Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter. Sebagai acuan pelaksanaan KBK tersebut, dibutuhkan suatu panduan dalam bentuk Pedoman Akademik yang akan memberikan dukungan legal dari implementasi kurikulum, kebijakan dan peeraturan akademik. Keberadaan Pedoman Akademik bagi program studi merupakan bagian vital pelaksanaan proses bisniis utama (core business) dari program studi baik dari sisi legal (berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku) maupun dari sisi akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan yang baik untuk memenuhi unsur-unsur LRAISE.

Mengingat peran vital pedoman akademik bagi PSSKed yang menghimpun segenap potensi akademik dari sumber daya pendidik di Departemen dan Laboratorium  di lingkungan FKUB, penyusunan pedoman akademik diupayakan melibatkan setiap kontributor Mata Kuliah Kompetensi (MKK) yang terlibat dalam proses bisnis pendidikan. Selama 6 bulan terakhir telah dilakukan proses marathon penyusunan draft Pedoman Akademik secara elaborative. Agar isi pedoman akademik dapat dilaksanakan secara optimal, maka pada tanggal 9 Agustus 2017 lalu telah dilakukan finalisasi penyusunan naskah pedoman akademik dalam bentuk diskusi terfokus yang dilakukan oleh representasi Departemen dan Laboratorium di Lingkungan FKUB maupun para penanggung jawab mata kuliah. Diskusi terfokus (FGD) diharapkan dapat menjadi media untuk menampung aspirasi para pendidik/kontributor MKK terhadap isi pedoman akademik tahun ajaran 2017/2018 demi implementasi KBK oleh Program Studi Pendidikan Sarjana Kedokteran yang semakin baik lagi dengan dilandasi nilai-nilai kebersamaan.

Tujuan FGSD kali ini yakni menghimpun aspirasi terhadap perbaikan final pedoman akademik PSSKed 2017/2018, mewujudkan rasa memiliki bagi segenap pemangku kepentingan internal pelaksana akademik di PSSKed FKUB, meningkatkan kualitas implementasi KBK di PSSKed khususnya di Tahun Ajaran 2017/2018. Acara ini diketuai oleh dr. Triwahju Astuti, M.Kes, SpP(K) dan dr. Rachmad Sarwo Bekti, MMedEd sebagai ketua pelaksana.

Loka Buku Pedoman