Medicine & Clinical Medicine

Faculty of Medicine Universitas Brawijaya
Written on 1 December 2014 , by angga

 

struktur organisasi PDTugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)
Ketua Program Studi
Ketua Program Studi bertugas:

  1. Mengoperasionalkan Visi, Misi, dan Grand Strategy fakultas sesuai dengan fungsi dan kedudukannya di bidang akademik, khususnya dalam penyelenggaraan Kurikulum Berbasis Kompetensi di fakultas
  2. Menetapkan Silabus dan Isi Pengajaran
  3. Menetapkan area, komponen, dan kompetensi bahan ajar tiap mata kuliah Kurikulum Berbasis Kompetensi
  4. Menjaga agar seluruh area kompetensi tersebar secara proporsional dalam seluruh mata kuliah dan keterampilan yang dibelajarkan
  5. Menetapkan laboratorium yang akan menjadi host sebagai tempat utama pembelajaran kompetensi terkait
  6. Mengkoordinasikan Penanggungjawab Mata Kuliah Kompetensi (PJMK)
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar Program Studi Pendidikan Dokter.

Sekretaris Program Studi
Sekretaris Program Studi bertugas:

  • Membantu tugas Ketua Program Studi
  • Mengkoordinasikan kegiatan operasional:
  • Kesekretariatan
  • dministrasi Akademik
  • Administrasi Profesi
  • Sarana dan Prasarana Pendidikan
  • Kepegawaian
  • Keuangan
  • Kemahasiswaan
  • Memberikan masukan kepada Ketua Program Studi
  • Melakukan koordinasi dengan koordinator-koordinator yang ada di tingkat Program Studi
  • Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Program Studi

Medical Education Unit (MEU)
Medical Education Unit (MEU) bertugas:

  1. Menyusun konsep dan rancangan dan implementasi kurikulum.
  2. Menyusun konsep rancangan dan pengembangan SDM dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan.
  3. Menyusun konsep rancangan dan pengembangan infrastruktur dalam rangka pelaksanaan pendidikan.
  4. Melakukan penjaminan mutu dengan menyusun standar prosedur, monitoring dan evaluasi kurikulum, berkoordinasi dengan UJM.

 

Unit Jaminan Mutu
Unit Jaminan Mutu bertugas:

  1. Menyusun Standar Penjaminan Mutu Program Studi dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Program Studi Pendidikan Dokter
  2. Menyusun dan melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) Monitoring dan Evaluasi terhadap Program Studi dalam penyelenggaraan KBK Program Studi Pendidikan Dokter
  3. Bersama Medical Education Unit melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kurikulum dan proses belajar mengajar oleh Program Studi

Administrasi Pendidikan
Administrasi Pendidikan bertugas:

  1. Berkoordinasi dengan Ketua dan Sekretaris Program Studi unntuk merencanakan dan melaksanakan sosialisasi Program Studi
  2. Berkoordinasi dengan Bidang Akademik untuk merencanakan dan menyusun jadwal perkuliahan
  3. Berkoordinasi dengan Bagian Umum dan Perlengkapan Fakultas untuk menyiapkan fasilitas proses belajar mengajar
  4. Menyiapkan jadwal ujian mahasiswa (UTS, UAS, Ujian Perbaikan, Ujian Khusus)
  5. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pra yudisium dan yudisium (dengan Bagian Akademik dan Bagian Keuangan dan Kepegawaian Fakultas
  6. Berkoordinasi dengan PJMK untuk mengkompilasi nilai-nilai dan melakukan sosialisasi nilai ujian kepada mahasiswa
  7. Membuat Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait administrasi akademik dan pendidikan.

Administrasi Keuangan
Administrasi Keuangan bertugas:

  1. Berkoordinasi dengan Ketua/Sekretaris Program Studi untuk pengajuan anggaran setiap bulan
  2. Berkoordinasi dengan Koordinator Bidang untuk pengajuan anggaran setiap tahun
  3. Melaporkan pengeluaran anggaran tiap bulan (UYHD)
  4. Melakukan pembayaran honorarium untuk dosen, PJMK, dan Tim
  5. Menyiapkan anggaran dan laporan untuk kedinasan
  6. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua Program Studi

Administrasi Umum dan Perlengkapan
Administrasi umum bertugas:

  1. Bekerja sama dengan Perlengkapan Fakultas untuk memfasilitasi sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran
  2. Mengkoordinir usulan sarana prasarana yang diperlukan oleh Program Studi kepada pihak fakultas
  3. Melakukan tindak lanjut terkait usulan sarana prasarana
  4. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua Program Studi

Penanggungjawab Mata Kuliah (PJMK)
Penanggungjawab Mata Kuliah (PJMK) bertugas:

  1. Mengkoordinasikan materi pembelajaran MKK bersama PJP sebagai representasi Laboratorium
  2. Mengkoordinasikan jadwal, pembelajaran, dan ujian MKK
  3. Mengkoordinasikan tugas mengajar dosen dalam kelompok
  4. Menetapkan model pembelajaran yang digunakan
  5. Menyampaikan hasil belajar mahasiswa kepada Program Studi

Tim Skill
Tim Skill bertugas:

  1. Menyusun rancangan pembelajaran keterampilan klinik menyangkut tema Blok bersama PJMK
  2. Merancang, mengalokasikan tempat dan waktu, mengkoordinasikan pembelajaran keterampilan klinik di Lab skill
  3. Merencanakan dan melaksanakan evaluasi ketrampilan klinik
  4. Tim Problem Based Learning (PBL)

Tim PBL bertugas:

  1. Merancang dan melaksanakan pembelajaran PBL bersama PJMK
  2. Berkoordinasi dengan PJMK untuk mengkompilasi nilai-nilai PBL

Tim Program Kerja Nyata Mahasiswa (PNKM)
Tim PNKM bertugas:

  1. Merancang kegiatan Program Kerja Nyata Mahasiswa
  2. Melakukan koordinasi dengan bidang kemahasiswaan dalam pelaksanaan kegiatan Program Kerja Nyata Mahasiswa

Tim Tugas Akhir
Tim Tugas Akhir bertugas:

  1. Mengusulkan Komisi pembimbing tugas akhir kepada Dekan
  2. Mengusulkan Majelis Penguji tugas akhir kepada Dekan
  3. Mengatur pelaksanaan Ujian tugas akhir

Koordinator Pendidikan Dasar Kedokteran
Koordinator Pendidikan Dasar Kedokteran bertugas

  1. Mengkoordinir PJMK di semester I dan II dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
  2. Membantu Ketua Program Studi dalam pelaksanaan pembelajaran di semester I dan II

Koordinator Pendidikan Kompetensi Klinik
Koordinator Pendidikan Kompetensi Klinik bertugas:

  1. Mengkoordinir PJMK di semester III, IV, V, VI, dan VII dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
  2. Membantu Ketua Program Studi dalam pelaksanaan pembelajaran di semester III, IV, V, VI,